sistem informasi

== information system (IS) adalah pengaturan orang , data proses dan informasi yang berainterakasi untuk mengumpulkan , memproses,menyimpan,dan menyediakan sebagai output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi. Sistem informasi dapat diklasifikasikan berdasarkan fungsi yang mereka miliki. Transaction Processing System (TPS) / system pemrosesan transaksi memproses transaksi bisnis seperti pemesanan , kartu absensi , pembayaran dan reservasi. Management Information System /system informasi manajemen menggunakan data transaksi untuk menghasilkan informasi yang diperlukan para manager untuk menjalankan bisnis Decision Support System (DSS) system pendukung keputusan . Membantu para pembuat keputusan mengidentifikasikan atau memilih antara pilihan atau keputusan Executive information system (EIS) disesuiakan dengan kebutuhan informasi unik para eksekutif yang merencanakan bisnis dan menilai performa terhadap rencana tersebut Expert System / system ahli mencapture dan menghasilkan kembali pengetahuan pemecah masalah ahli atau pengembil keputusan kemudian mensimulasikan pemeikiran ahli tersebut. Communication and collaboration system meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar orang-orang dalam maupun luar organisasi. Office Automation system/ system otomatisasi kantor membantu para karyawan membuat dan bergabi dokumen yang mendukung aktivitas kantor sehari-hari **Komponen Sistem informasi == John burch dan garry Gruudnitski mengemukakan bahwa system informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebutnya dengan istilah blok bagunan (Building block) yaitu : Input (blok masukan) , mewakili data yang masuk ke dalam system informasi .input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar Model , terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tentu untuk menhasilkan keluaran yang diinginkan Keluaran adalah keluaran yang merupakan inoformasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai system. Teknologi merupakan akotak alat salam system informasi . Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mnegakses data , menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian secara keseluruhan Basis Data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya , tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya . Kendali, Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak system dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan –kesalahan dapat langsung cepat diatasi. **PENGEMBANGAN SISTEM == menyusun Sistem baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang sudah ada. ==PIECES yang merupakan singkatan dari : >Performance (kinerja), Peningkatan terhadap kinerja (hasil kerja) sistem yang baru sehingga menjadi lebih efektif .Kinerja dapat diujur dari troughput dan response time. >Information (Informasi), Peningkatan terhadap kualitas informasi yang disajikan >Economy (ekonomis) peningkatan terhadap manfaat-manfaat atau keuntungan-keutungan atau penurunan –penurunan biaya yang terjadi >Control (pengendalian) peningkatan terhadap pengendalian untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan serta kecurangan kecurangan yang dan akan terjadi >efficiency (efisiensi)peningkatan terhadap efiseinesi operasi. >services (pelayanan), peningkatan terhadap pelayanan yang di berikan oleh sistem **Satkholder == Stakholder adalah orang yang memiliki keterkaitan pada sistem informasi yang sudah ada atau ditawarkan Stakholder bisa termasuk pekerja teknis dan nonteknis,bisa juga termasuk pekerja dalam dan luar . Stakholder untuk sistem informasi dapat diklasifikasikan secara luas yaitu : 1.System Owners /Pemilik sistem Sponsor sistem informasi dan advokad eksekutif biasanya bertanggung jawab atas pendanaan proyek pengembangan, pengoperasian dan perawatan sistem informasi 2. System Users /Pengguna Sistem “pelanggan” yang akan menggunakan atau terpengaruh sistem informasi pada basis reguler memvalidasikan, memasukan,mananggapi, menyimpan dan bertukar data dan informasi. Pengguna sistem dapat dibedakan menjadi : 1. Pengguna Sistem Internal adalah karyawan-karyawan bisnis yang kebanyakan sistem dibangun untuk mereka (ex.Pekerja administrasi dan layanan, mengerjakan pemrosesan transaksi sehari- hari pada rata-rata bisnis) 2. Pengguna Sistem Eksternal (Ex.Pemasok,Rekan Kerja),Pengguna sistem eksternal sering disebut remote userjauh dan mobile user mereka terhubung dengan sistem informasi kita melalui komputer laptop , komputer genggam dengan atau tanpa kabel. 3. Systems Designers adalah spesialis teknis yang menerjemahkan persyaratan bisnis pengguna sistem.Dia mendesain database,input, output,screnn (layar/tampilan)jaringan dan perangkat lunak,komputer yang akan memenuhi persyaratan pengguna sistem (Ex. Administrator database merupakan spesialis dalam teknologi database yang digunakan untuk mendesain dan mengkoordinasikan perubahan ke database perusahaan , atau arsitek jaringan yaitu spesialis teknologi jaringan dan telekomunikasi yang mendesai, menginstal, mengkonfigurasi,mengoptimalkan, dan mendukung area jaringan lokal dan luas termasuk koneksi internet 4. System Builders Adalah spesilais teknis yang membangun sistem informasi dan komponen yang didasarkan pada spesifikasi desain yang dihasilkan oleh desainer sistem (Ex. Programer aplikasi adalah spesialis yang mengkonversi persyaratan bisnis dan persyaratan masalah dan prosedur ke dalam bahasa komputer) 5. Analis Sistem Adalah Spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses dan teknologi informasi untuk mencapai kemajuan terbaik untuk bisnis 6. Project Manager Profedional berpengalaman yang bertanggung jawab merencanakan,memonitor dan mengontrol proyek, dengan memperhatikan jadwal,anggaran,produk jadi ,kepuasan pelanggan ,standar teknis dan kualitas sistem **Apakah Analisis Sistem itu ? == System analysis : Sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi bagian-bagian komponen dengan tujuan mempelajari seberapa bagus bagian-bagian komponen tersebut bekerja dan berinterkasi untuk meraih tujuan ** UML == Sebuah bahasa standar untuk merancangan sebuah sistem **UseCAse ==Menggambarkan interaksi antara aktor dengan sistem **Class Diagram == menggambarkan struktur dan deskripsi class,package dan objek beserta hubungannya satu sama lain **Statechart diagram == menggambarkan perubahan / transisi keadaan dari satu state ke state lain **Activity Diagram == menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang **Squence Diagram == menggambarkan interaksi antar objek didalam dan diluar objek **collaboration Diagram == menggambarkan interaksi antar objek didalam dan diluar objek tetapi lebih menekankan pada peran tiap2 aktor **Componen diagram == menggambarkan hubungan danstrukutur antar komponen piranti lunak **deployment diagram == menggambarkan bagaimana sebuah komponen di deploy dalam infrastruktur sistem **ANALISA NETWORK *Analisa network ini diperlukan oleh Analis Sistem pada saat membuat usulan proyek system ditahap Perencanaan *Untuk mengkoordinasikan dan mengurutkan kegiatan-kegiatan yang kompleks, saling berhubungan dan saling tergantung satu sama lain *Nama prosedur ini adalah PERT (Program Evaluation and Review Technique) *Manfaatnya antara lain untuk: 1. Kegiatan penelitian 2. Pembangunan (Rumah, Gedung, Jembatan, Jalan, Dll) 3. Kegiatan-kegiatan Advertensi 4. Kegiatan-kegiatan penataran, Dll Cara Membuat Dalam PERT dikenal istilah : *EVENT (Kejadian) ? awal/akhir suatu kejadian ? simbol *ACTIVITY (Kegiatan)? Pekerjaan/Tugas, yang untuk mendesainnya memerlukan waktu, biaya dan fasilitas tertentu? Simbol Hal-hal yang perlu diperhatikan: 1. Suatu kegiatan dapat dimulai bila kegiatan- kegiatan yang mendahului sudah selesai 2. Anak panah menunjukkan urut-urutan dalam mengerjakan pekerjaan saja, panjang dan arah panah tidak menunjukkan letak pekerjaan 3. Nodes (Lingkaran) diberi nomor, nomor tidak ada yang sama, nomor kecil diletakkan diawal 4. 2 Events hanya dihubungkan satu panah (kegiatan) 5. Network dimulai dengan 1 kejadian awal (Initial) Event) dan tidak ada pekerjaan yang mendahului dan diakhiri oleh 1 kejadian saja (Terminal Event) U/ membuat analisa network sesuai dgn ketentuan diatas, kadang2 diperlukan DUMMY ACTIVITIES 1. kejadian/kegiatan semu Dimana kegiatan semu ini tidak dianggap sebagai kegiatan dan tidak memerlukan DANA, WAKTU/FASILITAS. 2. Dummy Activities juga digunakan untuk menunjukkan urut-urutan pekerjaan yang tepat ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN :   1. JALUR KRITIS Jalur yang jumlah jangka waktu penyelesaian kegiatan-kegiatannya terbesar ? A, C, E = 10 minggu 2. EARLIEST START TIME (ES) Waktu tercepat untuk memulai suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa gangguan kegiatan lain 3. EARLIEST FINISH TIME (EF) Waktu paling cepat untuk menyelesaikan suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaran pekerjaan-pekerjaan lain. 4. LATEST START TIME (LS) Waktu paling lambat untuk memulai suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaran kegiatan-kegiatan lain 5. LATEST FINISH TIME (LF) Waktu paling lambat untuk menyelesaikan suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaaran kegiatan-kegiatan lain

0 komentar:

Posting Komentar